Denger-denger di kota Cirebon ada makamnya Syekh Siti Jenar, benar gak sih, trus dimana lokasinya? 1


Kota Cirebon sejauh ini, menurut sejarah lisan, yang kemudian ditegaskan di beberapa literatur fiksi maupun setengah fiksi, sering dikaitkan dengan sosok legendaris Syekh Siti Jenar yang kemudian bernama Abdul Jalil .Konon sosok ini erat kaitannya dengan Kesultanan Cirebon di masa lalu. Tepatnya mungkin masa transisi dari zaman Hindu-Budha kemudian menjadi Kesultanan Islam.

 

Demikian juga makam beliau yang di duga ada di Cirebon. Bahkan, kelompok yang mengaku masih turunan murid dari Siti Jenar pun masih sering muncul di Cirebon melakukan laku ngamen yang disebut Tawurji.

 

Namun, sejauh ini kisah Siti Jenar banyak dibumbui legenda sehingga di Cirebon sendiri tidak tau persis dimana lokasi makam Siti Jenar. Karena itu, tidak heran kalau di beberapa kota di Jawa pun sering muncul klaim mengenai makam Syekh Siti Jenar. Saking ngebetnya orang-orang ingin nyekar di makam Siti Jenar , sosok terkenal  di Indonesia pun ada yang melakukan ziarah di makam Siti Jenar, tapi bukan di Kota Cirebon melainkan di Kota Tuban. Di masa lalu Cirebon dan Tuban sebagai pelabuhan Pantura Jawa memang saling berhubungan, baik secara dagang maupun keagamaan.
*Editor Menjawab*

 

Bagi yang punya gagasan lain silahkan menambahkan jawaban ini di form tanggapan.


Tinggalkan sebuah komentar

Satu pemikiran di “Denger-denger di kota Cirebon ada makamnya Syekh Siti Jenar, benar gak sih, trus dimana lokasinya?

  • Toekoel Soeyono

    Kalau dari Kitab Syech Siti Jenar jilid 1 dan 2, disimpulkan bahwa Syech Siti Jenar yang pada waktu mudanya dan sering berdakwa di Giri Amparan Jati-Cirebon dan beliau adalah putra dari syech Datuk Soleh dari Malaka, namun diangkat sebagai anak oleh Syech Datul Kahfi, makamnya ada di Kemlaten Cirebon, ada juga yang mengatakan di Desa Balong, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Musisi Iwan Fals pernah berkunjung ke sini