Hello world! Priben Kabare?

Dalam tradisi teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dalam pengembangan aplikasi, kalimat “Hello World” merupakan kalimat pembuka kalau aplikasi yang dibuat berjalan dengan berhasil dengan menggunakan cara yang paling sederhana untuk memroses suatu informasi.

Dalam tradisi Cirebonan, tersebutlah kata “Priben Kabare?” sebagai sapaan ketika bertemu kembali setelah lama berpisah di suatu tempat, di suatu acara. Jadi, kata “priben kabare” yang sering ditambah dengan akhiran “ca” singkatan khas  warga Cirebon dari kata “boca” atau “bocah” alias “anak-anak” menunjukkan sapaan ketika sosok anak-anak atau bocah yang besar di Cirebon setelah remaja atau dewasa bertemu di Jakarta, Bandung, Aceh, Medan, London,Paris, New York, bahkan mungkin kalau di Kutub Utara pun ada orang Cirebon bertemu dan kebetulan menghabiskan masa kecil di Cirebon akan menyapa dengan “Priben Kabare Ca” yang tak lain adalah “apa khabar” atau “Hello”.

Tulisan ini adalah tulisan pertama yang menjadi artikel pertama untuk situs Kasepuhan Dot Com guna mengawali kiprahnya sebagai media dijital untuk menyebarkan data, informasi dan pengetahuan mengenai Kasepuhan sebagai Keraton dan Cirebon sebagai suatu kota di Pantai Utara Jawa yang sudah lama sekali dikenal sebagai kota dagang dan sebagai pelabuhan dagang dari Nusantara.

Akhir kata, Priben Kabare Ca, ap wis siap menghadapi abad dijital tanpa melupakan ciri budaya lokal yang merupakan warisan dari sesepuh Cirebon? Priben Kabare Ca, masa kalah karo Wong Jepang kang bisa mempertahankan budayae dalam derap pencapaian peradabannya sebagai negara maju di dunia?

Tinggalkan sebuah komentar