Ekonomi Digital Harus Bermanfaat Bagi Rakyat


mengapa-ekonomi-kreatif

Dalam Rapat Terbatas tentang pengembangan ekonomi digital kemarin, Presiden meminta kabinetnya untuk memanfaatkan potensi yang ada untuk meningkatkan pelaku ekonomi digital di Indonesia.

Wajar banget, krn 93,4 juta dari 250 juta penduduk Indonesia adalah pengguna internet dengan jumlah penjualan ‘e-commerce’ mencapai USD 2,6 milyar.

Beberapa poin menarik:

  1. Potensi pasar yang sangat besar ini akan bisa menjadi fondasi bagi Indonesia untuk menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.
  2. Ekonomi digital ini harus dapat membawa manfaat bagi rakyat, khususnya UMKM dan para pelaku bisnis pemula atau start up, termasuk yg ada di desa-desa.
  3. Lakukan deregulasi besar-besaran untuk mendukung berkembangnya industri ‘e-commerce’ dan pelatihan untuk mengembangkan kapasitas bagi pelaku pemula e-commerce.
  4. Percepatan jangkauan infrastruktur telekomunikasi yang dibutuhkan pelaku-pelaku ‘e-commerce’.

>> Presiden juga mention tentang Layanan pesan instan dari Blackberry sudah dimiliki 100 persen oleh Indonesia sehingga bisa dijadikan platform asli Indonesia.
Kata Presiden, “Kita harapkan nanti seluruh hal yang berkaitan dengan ‘e-commerce’ kita baik retail dan logistik platform-nya bisa nempel ke blackberry messenger, khususnya yang nanti betul-betul kita siapkan menjadi platform asli Indonesia,”

Seru dan menarik!

sumber: copas Facebook Ipang Wahid

Tinggalkan sebuah komentar