Melting Pot itu Bernama Cirebon



Balaikota Cirebon, Didesain oleh arsitek J.J. Jiskoot, tahoen 1927, gambar dari situs cerbonan.wordpress.com

Cirebon adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Barat. Ia memiliki kondisi geografis yang unik, yaitu berbatasan dengan daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kondisi ini membuat kota Cirebon menempati posisi yang penting. Cirebon adalah satu-satunya kota di Jawa Barat yang memiliki pelabuhan (Tanjung Emas). Oleh karena itu, ia menjadi tempat persinggahan dan gudang logistik sehingga menjadi kota dagang yang ramai. Karena ramainya, penduduk Cirebon terdiri dari berbagai macam etnis yang memiliki berbagai macam budaya pula.

Keberagaman ini ternyata bukan saja digambarkan oleh kondisi geografis dan penduduknya tetapi juga dari kata Cirebon itu sendiri. Jika dilihat dari asal-usulnya, menurut “Carita Purwaka Caruban Nagari” cirebon berasal dari kata caruban, lalu berubah menjadi carbon, kemudian pada akhirnya membetuk kata Cirebon. Kata itu bemakna campuran yaitu tempat yang didiami penduduk dari berbagai bangsa, agama, bahasa, aksara, dan profesi.

Kota pelabuhan di Jawa Barat ini dinamakan demikian bukanlah untuk hiasan saja. Seperti yang telah disebutkan, Cirebon merupakan kota perdagangan yang cukup ramai dan kondisi geografisnya yang berbatasan dengan Jawa Barat dan Jawa Tengah menjadikannya kota yang memiliki kebudayaan beragam dan dinamis. Pengaruh kebudayaan Sunda dari Jawa Barat dan Jawa dari Jawa Tengah sangat kental di kota ini. Kedua kebudayaan ini saling tarik menarik dan saling memberi pengaruh. Tetapi alih-alih terpengaruh salah satu budaya tersebut (Sunda atau Jawa), Cirebon malah menjadi sebuah melting pot bagi kedua budaya tersebut. Cirebon memiliki identitasnya sendiri: bukan Sunda, bukan pula Jawa. Hal ini dapat dibuktikan dengan masyarakat Cirebon asli yang tidak mau disebut orang Sunda atau orang Jawa. Mereka menyebut diri mereka Wong Cerbon (orang Cirebon). Keragaman dan dinamisme masyarakat Cirebon dapat dilihat dari bahasanya, kulinernya, dan keseniannya.

Selengkapnya, baca di Blog Dayana’s Lounge

ADA APA DI CIREBON? NIKMATI PAKET WISATA DI CIREBON BERIKUT INI

[SlideDeck id=’1′ width=’100%’ height=’300px’]

Tinggalkan sebuah komentar