Keraton Se-Nusantara: Asian Games Ajang Promosi Wisata Daerah

Cirebon – Agustus mendatang perhelatan olahraga akbar se-Asia bakal digelar. Kota Cirebon menjadi salah satu daerah yang ikut andil dalam menyukseskan gelaran Asian Games 2018.

Para atlet cabor kano Asian Games yang bertanding di Bendungan Rentang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat bakal menginap di dua hotel di Cirebon. Ketua Umum Forum Keraton Seluruh Nusantara (FKSN) Sultan Sepuh PRA Arief Natadingrat yang juga menjabat sebagai Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon mengimbau agar masyarakat Indonesia khususnya Cirebon untuk ikut menyukseskan gelaran Asian Games.

Arief menilai perhelatan Asian Games bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi wisata baik yang menjadi venue maupun daerah yang hanya tempat penginapan para atlet.

“Mari kita sukseskan Asian Games. Ini merupakan momen yang bagus untuk promosi wisata. Sebanyak perwakilan dari 45 negara akan datang ke Indonesia,” kata Arief kepada detikcom melalui pesan singkatnya, Jumat (6/7/2018).

Menurut Arief wisata kuliner, seni, budaya dan kerajinan asli Indonesia bisa disuguhkan kepada perwakilan dari negara-negara yang ikut serta di Asian Games.

“Para atlet, pelatih dan ofisial bisa mengenakan kerajinan dan menikmati kuliner serta kesenian Indonesia. Keraton se-Nusantara menyambut dengan gembira Asian Games. kami mengajak Kemenpora untuk menggali dan melestarikan olahraga tradisional juga,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Arief juga mengatakan keraton se-Nusantara siap menjadi mentor bila Kemenpora ingin mengembalikan kejayaan olahraga tradisional dan budaya keraton yang hampir punah.

“Kami mengajak masyarakat untuk mengunjungi keraton-keraton yang ada di Nusantara agar lebih mengetahui jati diri bangsa. Daripada jalan-jalan ke luar negeri,” ujar Arief.

sumber detikcom

Tinggalkan sebuah komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.